Algorithm

25 Mar 2012

Sharing Hasil Belajar Mandiri

Kali ini saya mau share hasil belajar mandiri saya,,,,

Sekarang itu kalau kita praktikum pretest dan postestnya bisa di kerjakan di rumah,, jadi saya dan teman-teman punya banyak waktu untuk belajar dan memahami materi praktikum yang akan di berikan,,,,,

nahh,, sekarang saya mau bagi-bagi ilmu yang saya dapat dari hasil saya belajar mandiri membuat pretest dan postest di rumah,,,, awalnya programnya tidak jalan tetapi setelah saya mencoba akhirnya saya berhasil mengerjakannya dan programnya running semua,.... sekarang mari kita lihat program tersebut :

1st program : menentukan volume bola yang nilai jari-jarinya di inputkan..












programnya di running dan masukkan nilai phi (3.14) dan nilai jari-jarinya... sebenarnya nilai phi tidak perlu di inputkan sendiri... nilai phi dapat di masukkan ke dalam rumus nya.
selain menggunakan Raptor saya juga mencoba mengcompilenya dengan compiler C++ dan menggunakan operator Overloading. saya mengalami kesulitan dalam mengerjakannya karena saya lemah di program Class, namun berkat pengarahan dari mentor saya dan usaha saya untuk belajar,, akhirnya programnya jadi juga he.. programnya jadi seperti ini  :

#include <iostream.h>
#include <conio.h>

class volum {
      friend ostream& operator<<(ostream&, const volum&);
      friend istream& operator>>(istream&, volum&);
public:
       volum();
       void hitung_volumenya(){volume=(3.14*r*r*r*4/3);}
private:
        float r;
        double volume;
        int x;
        };
volum::volum(){
               cout<<"Ini adalag program menghitung volume bola"<<endl;
               }
               istream& operator>>(istream& in, volum& masukan){
                        cout<<"masukkan r : "<<endl;
                        in>>masukan.r;
                        return in;
                        }
               ostream& operator<<(ostream& out, const volum& keluaran){
                        out<<"nilai r : "<<endl;
                        out<<"volumenya adalah : "<<keluaran.volume<<endl;
                        return out;
                        }
                       
                       
main()
{
  
  volum x;
  cin>>x;
  x.hitung_volumenya();
  cout<<x;
 
  
   getch();
  
}

dari program di atas saya lebi dapat memahami tentang operator overloading... dan saya akan terus belajar sampai saya paham sekali tentang Class.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar